• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Mata berbentuk bulat seperti bola dengan sedikit tonjolan pada bagian depan. Namun, jika dilihat secara lebih rinci, bagian mata cukup kompleks. Terdiri dari beberapa lapisan dan ruang yang saling terhubung satu sama lain.

Setiap ruang dan lapisan mata memiliki fungsi spesifik. Semua saling terkait guna menunjang kerja organ penglihatan berjalan optimal. Gangguan pada salah satu bagian mata bisa saja menimbulkan penyakit. Salah satu yang kerap terjadi adalah mata minus.

Bagian Mata #1 Apa itu Segmen Mata?

bagian mata OkayDoc

Mata terbagi menjadi dua bagian yaitu segmen anterior dan posterior - OkayDoc

Sebelum mengenal bagian-bagian mata dengan rinci, kamu perlu mengetahui pembagian segmen organ ini. Mata terpisah menjadi dua segmen yang berbeda, yaitu segmen anterior (bagian depan) dan segmen posterior (bagian belakang). Kedua segmen tersebut dibatasi oleh lensa mata.

1. Segmen Anterior Mata

Dalam istilah yang lebih sederhana, segmen anterior dapat kita anggap sebagai bagian depan dari mata. Bagian ini terdiri dari kornea, iris, lensa, badan siliaris, dan bagian anterior sklera.

Segmen anterior terbagi lagi ke dalam dua chamber (ruangan) yaitu chamber anterior (depan) dan chamber posterior (belakang).

Chamber depan segmen mata ini dibatasi oleh kornea, iris dan pupil. Sementara bagian belakang dibatasi iris, badan siliaris, dan lensa mata. Kedua chamber dalam segmen anterior terisi oleh cairan yang disebut aqueous humor.

2. Segmen Posterior Mata

Segmen posterior tentu merupakan bagian yang berada di belakang segmen anterior. Segmen ini dimulai dari belakang lensa mata. Badan retina dan sel-sel optik juga termasuk ke dalam segmen posterior.

Bagian belakang mata ini juga lebih dominan terisi oleh cairan khusus yang disebut vitreos humor.

Baca Juga: Latihan Mata Rutin Untuk Pengidap Mata Minus

Bagian Mata #2 Mengenal Lapisan pada Mata

lensa sebagai bagian mata OkayDoc

Mata terdiri dari tiga lapisan yaitu luar, tengah dan dalam - OkayDoc

Selain terdiri dari segmen, mata manusia juga terdiri dari tiga lapisan yang berbeda. Ketiga lapisan tersusun untuk melindungi seluruh bagian inti yang ada di dalamnya. Lapisan ini memiliki struktur melingkar mengikuti bentuk bola mata.

1. Lapisan Luar

Lapisan luar merupakan bagian yang berfungsi melindungi seluruh bagian mata. Lapisan ini memiliki tekstur yang keras dan terdiri dari membran berwarna putih buram yang disebut sklera.

Pada bagian depan sklera mata terdapat sedikit tonjolan yang berbentuk seperti kubah dan berwana bening yang merupakan kornea mata.

2. Lapisan Tengah

Tepat berada di bawah sklera, pada bagian tengah mata terdapat lapisan yang disebut koroid. Lapisan ini mengandung pembuluh darah yang berfungsi menyalurkan nutrisi untuk retina.

Berbeda dengan sklera yang merupakan lapisan utuh, pada lingkaran koroid bagian depan terdapat lubang melingkar yang berfungsi sebagai jalan masuknya cahaya yang kita sebut pupil. Sedangkan, di depan pupil terdapat bagian berwarna yang disebut iris mata.

3. Lapisan Dalam

Lapisan paling dalam dari bagian mata merupakan retina. Lapisan ini hanya melapisi dua pertiga bagian belakang bola mata. Retina merupakan jaringan yang sangat sensitif terhadap cahaya. Jika diibaratkan, retina menyerupai bagian film pada kamera.

Retina menangkap cahaya yang masuk ke mata dan mengubahnya menjadi informasi visual, sehingga kita dapat melihat gambaran benda yang kita lihat.

Hal itu dapat terjadi berkat sel-sel fotoreseptor serta saraf optik yang terdapat pada retina, yang kemudian meneruskan impuls sinyal saraf tersebut ke otak.

Baca Juga: Tips Memilih Kacamata Hitam Sesuai dengan Kebutuhanmu!

Bagian Mata #3 Memerinci Anatomi Mata

lapisan mata OkayDoc

Penting bagi kamu mengetahui anatomi mata beserta fungsinya - OkayDoc

Setelah mengetahui gambaran segmen dan lapisan mata, cobalah ketahui bagian mata yang lebih terperinci. Kenali juga fungsi serta penjelasan singkat dari seluruh bagian mata, ya!

1. Kornea

Kornea merupakan bagian permukaan mata yang transparan. Bagian ini berada pada segmen anterior serta menutupi iris dan pupil mata.

2. Konjungtiva

Selaput lendir yang juga transparan dan berfungsi menutupi permukaan bagian putih mata (sklera) dan kelopak mata bagian dalam. Bagian mata ini dapat mengalami radang. Penyakitnya dikenal dengan istilah konjungtivitis.

3. Pupil

Lingkaran lubang hitam di tengah iris. Ukuran bagian mata ini dapat berubah membesar atau mengecil. Perubahan ini berfungsi untuk mengendalikan jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata.

4. Iris

Membran berwarna pada mata yang terletak di antara kornea dan lensa. Warna bervariasi mulai dari hitam, cokelat tua, biru, hingga hijau.

5. Badan Siliaris

Bagian mata ini melekat pada tepi luar iris yang berada dekat dengan dinding bola mata. Badan siliaris menghasilkan cairan aqueous humor yang berperan dalam memberi volume dan menjaga bentuk mata. Bagian ini juga berperan mengubah bentuk lensa mata saat memfokuskan cahaya.

6. Lensa Mata

Lensa mata terletak di belakang pupil. Bagian ini berfungsi memfokuskan cahaya menuju retina.

Baca Juga: Cobalah 6 Tips Mudah Merawat Lensa Kontak Berikut Ini!

7. Retina

Lapisan saraf yang berada pada bagian belakang mata. Retina berfungsi menerima cahaya dan mengubahnya menjadi impuls listrik menuju otak yang akan diterjemahkan sebagai bentuk dan warna benda yang kita lihat.

8. Koroid

Jaringan yang berada di antara retina dan sklera. Bagian ini berfungsi untuk memasok aliran darah menuju retina.

9. Makula

Daerah kecil pada retina yang mengandung sel-sel sangat peka terhadap cahaya. Makula membuat kita dapat melihat dengan tajam dan detil.

10. Sel-sel Saraf Optik

Sel-sel saraf optik berada di bagian belakang mata. Sel ini berfungsi menghubungkan retina mata dengan otak yang akan menerjemahkan impuls listrik menjadi bentuk benda yang kita lihat sehari-hari.

Itulah bagian mata yang tersusun ke dalam ruang dan lapisan yang berurutan. Setelah mengenali fungsi mata ini, kamu bisa mengetahui bahwa proses melihat suatu benda ternyata melewati organ yang tersusun dengan rapi, rumit, dan berhubungan satu sama lain sampai ke otak.

Penting sekali bagi kamu untuk menjaga kesehatan mata misalnya melalui asupan nutrisi seimbang dan menjalani pola hidup sehat. Jangan lupa juga untuk melindungi mata dari radiasi yang berbahaya!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Pengobatan
6 Cara Mengobati Mata Bintitan Hingga Sembuh Sempurna
Annisa Trimirasti
14 Sep 2018
Wajah
Manfaat Timun untuk Mata dan Kandungan Nutrisinya
Venny Firstyani
03 Jul 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...