• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Warna darah menstruasi dapat mengindikasikan ada atau tidaknya masalah selama haid berlangsung. Oleh karena itu, yuk cari tahu arti warna darah haid.

Perubahan warna dan konsistensi darah haid merupakan hal normal. Tiap wanita mungkin memiliki warna darah menstruasi yang berbeda satu sama lain.

Namun, perubahan warna yang tidak biasa dapat menandakan masalah kesehatan tertentu. Mari cari tahu jawaban kekhawatiranmu melalui arti di balik warna darah haid!

Darah Haid Berwarna Merah

darah haid berwarna merah

Warna darah haid yang paling umum ditemui adalah merah dengan variasi tingkat kecerahan - OkayDoc

Warna darah haid yang paling umum dikenal adalah merah. Warna merah pun bisa beragam, mulai dari cerah hingga agak gelap. Di awal periode menstruasi, kamu akan melihat warna darah yang merah terang.

Peluruhan dinding rahim di masa awal inilah yang menghasilkan darah berwarna merah terang ini. Proses ini biasa muncul bersama kram perut. Seiring mendekati akhir siklus menstruasimu, darah yang mengalir bisa berwarna lebih gelap.

Baca Juga: Apakah Munculnya Flek Coklat Sebelum Haid Normal?

Darah Haid Berwarna Coklat hingga Hitam

darah haid berwarna cokelat hingga hitam

Darah berwarna coklat hingga hitam biasa muncul saat mendekati hari-hari terakhir menstruasi - Okaydoc

Saat masa menstruasi mulai mendekati hari-hari akhir, kamu mungkin melihat warna darah mulai berubah. Dari awalnya yang berwarna agak cerah menjadi lebih gelap. Warna tersebut beragam, ada yang memiliki darah coklat hingga warna darah haid hitam.

Tak perlu cemas, ternyata hal ini termasuk normal. Kondisi tersebut disebabkan oleh darah sudah lama berada dalam tubuh dan segera tidak dikeluarkan.

Keadaan ini dapat pula terjadi akibat penggunaan alat kontrasepsi tertentu. Bahkan, ada juga darah haid yang berwarna lebih gelap di awal periode. Hal ini tetap dianggap normal.

Darah Haid Berwarna Oranye

darah haid berwarna oranye

Perubahan warna darah dari merah menjadi agak oranye mungkin menandakan adanya masalah pada rahim - Okaydoc

Berbeda dengan darah merah dan coklat hingga hitam, darah haid berwarna oranye berpotensi mengindikasikan adanya masalah pada rahimmu. Kamu sebaiknya ke dokter bila menemukan hal ini.

Darah menstruasi yang disertai semburat oranye, bertekstur licin, dan berbau tidak sedap, kemungkinan bisa berarti darah telah bercampur dengan cairan dari dalam tubuh (dari serviks atau leher rahim) yang menandakan infeksi. Kamu sebaiknya ke dokter bila menemukan hal ini.

Baca Juga: 7 Penyebab Nyeri Haid yang Tidak Boleh Diabaikan

Perubahan warna dan konsistensi darah haid akan terjadi selama siklus menstruasi. Mungkin di satu hari, darah bisa berwarna merah terang, coklat, ataupun hitam. Selama siklus normal, misal tanpa perdarahan di luar siklus, maka tidak perlu dikhawatirkan.

Apabila masih ragu, kamu bisa menemui dokter untuk mendiskusikan kondisimu. Dokter akan membantumu mengenali arti warna darah haid yang kamu miliki.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Pasangan
Intip Foreplay yang Disukai Wanita dan Jadikan Ia Ratu
Dedi Irawan
16 Sep 2017
Penyakit Seksual
Penyakit Sifilis: Efek Negatif Seks Bebas Paling Sering dan Mematikan
Dedi Irawan
02 Aug 2017
Organ Reproduksi
Ini Arti Darah Haid Berwarna Hitam yang Harus Diwaspadai
Maya Ligina
01 Apr 2018
01 Jan 1970
Gangguan Kesehatan
Fibroadenoma pada Payudara, Apakah Berbahaya?
Diah Ayu Lestari
23 Sep 2018
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...