• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Otak mengendalikan fungsi semua organ dalam tubuh. Tidak hanya itu, otak juga berperan dalam menyimpan memori, mengolah kreativitas, kecerdasan, dan mengontrol emosi. Proses dan bagian yang memengaruhi fungsi tersebut bisa kita pahami dengan mempelajari anatomi otak terlebih dahulu.

Organ vital ini menerima informasi dari lima indera yang kita miliki yaitu penglihatan, penciuman, pengecap, pendengaran dan perasa. Informasi yang diterima tersebut kemudian diproses dan dirangkai menjadi respon seperti aktivitas berpikir, berbicara, gerakan dan fungsi lainnya. Tanpa otak, tubuh tidak berfungsi dan bisa mengalami kematian.

Kenali Tiga Bagian Otak Berikut Ini

anatomi otak yang terdiri dari 3 bagian.jpg

Kemampuan belajar dan membaca kita diatur oleh otak besar - OkayDoc

Tubuh kita diatur oleh sistem saraf yang terbagi menjadi sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Sistem saraf pusat kita terdiri dari otak dan saraf tulang belakang. Kinerjanya dibantu oleh sistem saraf tepi yang terdiri dari kelanjutan saraf spinal (tulang belakang) yang tersebar di seluruh tubuh.

Otak kita terdiri dari tiga bagian utama yang memiliki perannya masing-masing, berikut rinciannya:

  • Cerebrum (otak besar). Seperti namanya, cerebrum adalah bagian otak yang paling besar. Bagian ini berfungsi mengatur kemampuan seperti mendengar, melihat, berbicara, berpikir, emosi dan bergerak.
  • Cerebellum (otak kecil). Bagian ini terletak di bawah otak besar yang berfungsi mengoordinasikan gerakan dan keseimbangan, termasuk pula mengatur postur tubuh.
  • Brainstem (batang otak) menghubungkan otak dengan saraf tulang belakang. Semua fungsi otomatis tubuh misalnya pengaturan suhu tubuh, siklus tidur, pencernaan, pernapasan, detak jantung, hingga refleks batuk, bersin, muntah, dan menelan diatur oleh bagian ini. 

Peran Otak Besar untuk Seluruh Tubuh

anatomi otak besar dan fungsinya bagi tubuh.jpg

Mari amati lebih jelas bagian otak besar dan perannya - OkayDoc

Otak besar kita terbagi dalam dua bagian, yaitu hemisphere kanan (otak kanan) dan hemisphere kiri (otak kiri). Hemisphere kanan mengontrol tubuh bagian kiri, begitu pula sebaliknya. Kedua bagian ini dihubungkan oleh serangkaian jaringan yang disebut corpus callosum yang menghantarkan informasi dari kedua bagian hemisphere.

Meskipun terhubung, ada beberapa fungsi hemisphere kanan yang berbeda dengan hemisphere kiri. Hemisphere kiri mengontrol kemampuan berbicara, berhitung, dan menulis. Sedangkan kreativitas, kemampuan spasial (berkaitan membayangkan ruang atau jarak), kesenian dan musik dikontrol oleh otak kanan.

Hemisphere otak dibagi lagi menjadi beberapa bagian dengan fungsinya masing-masing yang bernama lobus. Kedua hemisphere memiliki lobus-lobus yang sama. Apa saja lobus-lobus tersebut?

  • Lobus frontal adalah lobus terbesar pada otak kita dan terletak di bagian depan kepala. Kemampuan gerak motorik, berpikir dan konsentrasi dikoordinasikan oleh lobus ini. Emosi dan kontrol impuls (gerak hati) juga diatur oleh bagian otak ini.
  • Lobus temporal terletak di kedua sisi kepala kita sejajar dengan telinga. Bagian ini mengatur fungsi khusus seperti memori, pendengaran, pengenalan wajah, kemampuan bahasa dan memahami emosi serta reaksi orang lain.
  • Lobus oksipitalis sangat terkait dengan kemampuan membaca, mengenali tulisan dan melihat. Lobus ini terletak di bagian belakang kepala kita.
  • Lobus parietal berfungsi mengartikan informasi yang ditangkap oleh saraf sensoris, seperti mengartikan kata dan suara yang kita dengar, cahaya yang kita lihat, suhu dan tekstur benda yang kita sentuh.

Bagian permukaan otak besar (korteks) berbentuk lipatan - lipatan berlapis yang mengandung milyaran neuron (sel saraf). Tiap lipatan disebut sebagai gyrus, dan lekukan di antara gyrus disebut sebagai sulcus. Informasi berpindah melalui gyrus, dari satu lobus ke lobus lain dan menghubungkan bagian otak lain.

Badan sel-sel saraf yang berjumlah milyaran tersebut membentuk lapisan abu-abu atau “gray matter”. Di bagian bawah korteks, terdapat serabut-serabut saraf (akson) yang menghubungkan bagian otak satu dengan yang lain. Bagian ini disebut juga sebagai “white matter”.

Sementara itu, Apa Sajakah Peran Otak Kecil?

anatomi otak kecil.jpg

Otak kecil dikenal juga dengan istilah cerebellum - OkayDoc

Cerebellum atau otak kecil terletak di kepala bagian belakang. Bagian ini bertugas mengoordinasi tubuh kita agar dapat bergerak dengan rincian fungsi seperti berikut:

  • Mengoordinasi gerakan otot-otot dalam tubuh
  • Menjaga keseimbangan tubuh
  • Mengoordinasikan gerakan mata
  • Mempelajari gerakan yang memerlukan latihan, misalnya berkendara

Salah satu gangguan yang menyerang otak kecil yaitu ataksia. Ataksia dapat berakibat pada berkurangnya kemampuan tubuh dalam mengontrol gerakan, hingga kesulitan berjalan dan berbicara.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Otak

Fungsi Batang Otak Sebagai Penghubung

anatomi otak dan batang otak.jpg

Batang otak terdiri atas tiga bagian penting - OkayDoc

Bagian terkecil otak yaitu batang otak yang berfungsi menghubungkan otak kita dengan saraf tulang belakang. Bagian ini mengatur fungsi otomatis tubuh kita seperti kesadaran, pernapasan dan fungsi vital lainnya. Proses motorik dan sensorik dari bagian otak besar dan kecil dapat memengaruhi sistem otomatis tubuh karena adanya batang otak.

Bagian- bagian penting dalam batang otak dan fungsinya yaitu:

  • Mesencephalon. Disebut juga otak tengah, yang berfungsi mengatur pergerakan mata dan memproses informasi suara. Serta siklus tidur, terbangun, dan kontrol kesadaran.
  • Pons. Terletak di bawah otak tengah, bagian terbesar dari batang otak ini merupakan awalan dari beberapa saraf kranial yang mengatur pergerakan otot wajah.
  • Medulla Oblongata. Terletak di bagian paling bawah, fungsi vital dari area ini adalah mengatur kinerja jantung dan paru-paru.

Adanya lesi atau gangguan pada batang otak dapat menyebabkan penurunan kesadaran, detak jantung dan gangguan organ pernapasan.

Selanjutnya, Apa itu Meninges pada Otak?

kenali bagian otak dan fungsinya dalam tubuh.jpg

Diagnosis penyakit pada otak dibantu dengan analisis MRI - OkayDoc

Otak dan saraf tulang belakang kita dilindungi oleh tiga lapis jaringan yang disebut sebagai meninges atau selaput otak. Dari luar ke dalam, tiga lapisan ini yaitu dura mater, arachnoid mater dan pia mater. Berikut penjelasan fungsinya:

  • Dura mater memiliki lapisan yang kuat yang berada di bagian dalam tengkorak kepala.
  • Arachnoid mater berbentuk seperti jaring-jaring yang tipis dan menyelimuti seluruh bagian otak.
  • Pia mater menyelimuti permukaan otak serta lekukan-lekukannya. Bagian ini mengandung banyak pembuluh darah yang menyuplai makanan dan oksigen untuk otak. Cairan serebrospinal yang melindungi otak dari benturan terletak antara bagian ini dengan arachnoid.

Peradangan pada bagian otak ini disebut sebagai penyakit meningitis. Penyakit tersebut umumnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang ditandai dengan gejala seperti pusing, demam, kaku pada leher dan kejang.

Baca Juga: Lakukan 8 Kebiasaan Sehat Ini sebagai Cara Meningkatkan Kinerja Otak

Setelah mengetahui anatomi otak dan fungsi tiap bagiannya, kita jadi lebih menyadari pentingnya otak bagi tubuh. Kerusakan pada satu bagian kecil otak saja, tentu akan memengaruhi fungsi tubuh kita.

Saking pentingnya fungsi organ ini, kita harus mulai menjaga kesehatannya mulai dari sekarang. Cara paling mudah yaitu menggunakan pelindung kepala saat kita berkendara atau bekerja di area yang cukup berbahaya. Tingkatkan juga frekuensi kegiatan yang bisa menjaga fungsi otak. Jadi, ayo jaga kesehatan otak kita mulai sekarang, ya!

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...