• Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Penyakit
  • Obat
  • Konsultasi
Filter
Reset Filter
Pasang
Jenis Penyakit
Harga
Brand
Rating
Urutkan
Termurah
Termahal
Terpopuler

Diverifikasi oleh

Jantung hanya berukuran sebesar kepalan tangan. Akan tetapi, organ ini memiliki peran yang sangat krusial bagi tubuh. Untuk memahaminya, kamu bisa mulai dengan mempelajari bagaimana anatomi jantung dan cara kerjanya.

Tanpa henti, jantung terus bekerja dalam sistem peredaran darah. Organ ini memompakan darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh. Organ ini juga berperan penting dalam mengangkut zat sisa yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh

Pahami Dulu Organ Jantung dan Lapisan Penyusunnya

anatomi jantung dan lapisan penyusunnya.jpg

Penampakan organ jantung dan ruangan di dalamnya - OkayDoc

Jantung sebagai pusat sirkulasi darah yang terletak dalam rongga dada di antara paru-paru kanan dan kiri. Jantung kita terjalin dari serabut-serabut otot yang secara bergantian mengalami relaksasi dan kontraksi untuk dapat memompa darah ke seluruh tubuh.

Organ jantung laki-laki kurang lebih seberat 300-350 gram, jantung wanita umumnya lebih ringan, yaitu sekitar 250-300 gram. Tiap menitnya, jantung berdetak 60-90 kali per menit. Disebut jantung orang dewasa mampu memompa kurang lebih 5 Liter darah per menit dalam keadaan istirahat.

Jantung kita terdiri dari tiga lapisan untuk menunjang kerja jantung dalam memompa darah. Lapisan tersebut juga berfungsi melindungi organ jantung. Berikut penjelasan terkait lapisan jantung:

  • Epikardium, membran tipis yang melapisi bagian terluar jantung.
  • Miokardium, lapisan jantung yang paling tebal, terdiri dari jaringan otot yang berkontraksi dalam selang waktu yang tetap (periodik) untuk memompa darah.
  • Endokardium, lapisan dalam jantung yang tipis dan sangat halus. Lapisan ini melindungi ruang dan katup jantung.

Pembagian Ruang dan Katup dalam Organ Jantung

anatomi ruang dan katup jantung.jpg

Pembuluh darah koroner memberi makanan otot-otot jantung kita - OkayDoc

Di dalam jantung terdapat empat ruangan yang menampung darah sebelum diedarkan ke seluruh tubuh Darah yang kaya oksigen dan kaya karbondioksida berada di dalam ruangan yang berbeda dan tidak bercampur satu sama lain. Ruangan jantung terbagi menjadi atrium dan ventrikel seperti berikut ini :

  • Atrium Kanan

Darah dari peredaran sistemik seluruh tubuh masuk kembali ke atrium kanan. Atrium kanan menampung darah yang miskin oksigen sebelum dikeluarkan ke paru-paru.

  • Atrium Kiri

Darah membawa oksigen dari paru-paru dan diterima oleh atrium kiri jantung sebelum dilanjutkan ke ventrikel kiri dan diedarkan ke seluruh tubuh.

  • Ventrikel Kanan

Saat berkontraksi, ventrikel kanan memompa darah menuju arteri pulmoner untuk mengeluarkan karbondioksida keluar tubuh.

  • Ventrikel Kiri

Ventrikel kiri dibungkus lapisan otot yang lebih tebal dan kuat dibandingkan ventrikel kanan. Lapisan otot yang tebal ini untuk mendukung ventrikel agar mampu memompa darah ke seluruh bagian tubuh.

Pada kondisi tertentu seperti penyakit hipertensi yang tidak terkontrol atau gagal jantung, otot-otot pada ventrikel kiri akan menebal dan mengganggu kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

anatomi jantung dan jenis katup di dalamnya.jpg

Kenali beragam katup yang terdapat dalam organ jantungmu - OkayDoc

Setiap atrium dan ventrikel dalam jantung akan dihubungkan oleh serangkaian katup - katup jantung. Katup tersebut berfungsi mencegah darah kembali ke dalam ruang jantung setelah dipompa. Berikut ini adalah katup-katup tersebut:

  • Katup atrioventricular, yaitu katup yang memisahkan atrium dengan ventrikel. Katup ini terdiri dari katup trikuspid dan katup mitral.
  • Katup semilunar, terletak di antara ruang ventrikel dan pembuluh arteri yang membawa darah keluar jantung. Di sebelah kanan dipisahkan oleh katup pulmoner sedangkan di sebelah kiri dipisahkan oleh katup aorta.

Untuk dapat berkontraksi dan memompakan darah ke seluruh tubuh, sel- sel jantung memerlukan suplai oksigen dan nutrisi yang cukup. Suplai zat tersebut dihantarkan oleh pembuluh koroner jantung.

Pembuluh darah ini sangat penting untuk menunjang kerja sel-sel otot jantung. Terlebih lagi, penyumbatan pada pembuluh koroner yang disebut sebagai penyakit jantung koroner dapat mengakibatkan serangan jantung.

Baca Juga: Kelainan Katup Jantung, Perlunya Diagnosis dan Perubahan Gaya Hidup

Peredaran Darah dan Pembuluh Darah yang Terlibat

anatomi jantung dan jenis peredaran darah.jpg

Detak jantung dapat didengarkan melalui stetoskop - OkayDoc

Sirkulasi darah pada tubuh manusia terus berlangsung selama 24 jam. Peredaran darah sistemik menghantarkan darah yang kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh dan membawa darah dari kapiler kembali ke jantung. Sementara, peredaran darah pulmoner menghubungkan jantung dengan paru-paru, membawa darah dari dan ke luar paru-paru.

Sirkulasi darah berlangsung melalui serangkaian pembuluh darah, berikut nama dan fungsinya:

  • Arteri pulmonalis, pembuluh darah besar yang membawa darah yang mengandung karbondioksida menuju paru-paru.
  • Kapiler paru adalah unit pembuluh darah terkecil yang mengelilingi alveolus, tempat terjadinya pertukaran oksigen dengan karbondioksida.
  • Aorta, darah yang dipompa ventrikel kiri keluar melalui aorta, pembuluh arteri terbesar di tubuh manusia.
  • Vena pulmonalis membawa darah yang kaya oksigen dari paru-paru menuju atrium kiri jantung.
  • Vena kava superior dan vena kava inferior darah yang miskin oksigen dari seluruh tubuh terkumpul dan masuk kembali ke atrium kanan jantung melalui vena ini.

Berdasarkan kadar oksigen yang diedarkan, jantung bagian kanan dan kiri dipisahkan oleh jaringan yang disebut sebagai septum. Septum yang memisahkan antara atrium kanan dan atrium kiri disebut dengan septum interatrial. Septum interventrikular membatasi ventrikel kanan dan ventrikel kiri.

Baca Juga: 8 Penyakit di Balik Pembengkakan Jantung

Anatomi jantung di atas tentu menjelaskan bahwa organ ini sangat vital fungsinya. Meskipun berukuran kecil, otot-otot jantung kita mampu memompa darah ke seluruh tubuh. Kinerja organ ini juga perlu didukung oleh suplai nutrisi dari pembuluh darah koroner. Nutrisi tersebut penting karena memberi energi untuk menjalankan fungsinya.

Sistem peredaran darah kita sangat kompleks dan rumit. Kamu diharapkan bisa menjaga kesehatan jantung agar sistem tersebut terus berfungsi dengan baik. Setelah mengenali bagian-bagian jantung dan cara kerjanya, kini saatnya kita berusaha untuk menjaga jantung agar tetap sehat.

Berikan Komentar
Artikel Terkait
Memuat...
Punya pertanyaan seputar Kesehatan?
Tanya Sekarang
Tanya Dokter
Bookmark telah disimpan
Memuat...