• Penyakit
  • Obat
  • Kategori
    • Hidup Sehat
    • Kecantikan
    • Ibu dan Bayi
    • Keluarga
    • Kesehatan
    • Intim
  • Konsultasi
  • Cari Rumah Sakit
  • Daftar
  • Masuk
  • Daftar
  • Masuk

Ragam Alergi Cat Rambut dan Cara Alami Mengatasinya

Diverifikasi oleh dr. Graciela Audria

Jangan meremehkan alergi cat rambut karena mungkin bisa membuatmu sangat menderita. Meski jarang terjadi, namun hal ini bisa saja terjadi tanpa diduga. Guna menghindari hal tersebut, lakukan pemakaian dengan benar sesuai petunjuk dalam kemasan.

Sebagian orang mungkin memiliki kulit dengan tingkat risiko iritasi yang tinggi terhadap sebuah benda. Kondisi kulit yang sensitif saat bersentuhan dengan senyawa asing sering disebut dermatitis kontak. Kondisi ini akan memicu peradangan pada kulit yang dapat berbentuk kemerahan dan gatal.

Penyebab Munculnya Reaksi Alergi Cat Rambut

alergi cat rambut OkayDoc

Bahan dalam cat rambut dapat memicu reaksi alergi sehingga beragam gejala muncul - OkayDoc

Orang yang sensitif atau rentan terhadap bahan tertentu dapat dengan mudah mengalami reaksi alergi. Berbagai gejala pun muncul dan sangat menganggu. 

Bahan yang mengundang reaksi ini dapat menyebabkan kulit mengalami peradangan. Pada bahan lain yang bersifat sebagai pemicu alergi, akan bekerja dengan memancing reaksi imun tubuh yang dapat menimbulkan gejala di kulit.

Cat rambut bisa menyebabkan alergi pada kulit karena kebanyakan dari mereka mengandung senyawa kimia bernama parafenil-ediamin atau biasa disingkat PPD. Bahan ini memang dikenal luas sebagai senyawa yang bisa menimbulkan iritasi dan memicu alergi.

Sejatinya, senyawa aktif dalam pewarna ini aman bagi pemakainya. Hanya saja, pengguna cat rambut harus melakukan pemakaian sesuai instruksi dalam kemasan. Pada umumnya, produsen pewarna rambut sudah mengetahui bahaya ini sehingga mereka sangat hati-hati memasukkan PPD.

Selain hati-hati, umumnya kandungan PPD dalam cat rambut dibatasi dengan ketat agar tidak memicu atau menimbulkan alergi.

Ini Jenis Alergi Cat Rambut yang Bisa Kamu Alami

alergi cat rambut OkayDoc

alergi cat rambut menimbulkan penyakit kulit yang memerlukan perhatian khusus - OkayDoc

Pemakaian yang sembarangan dan mengabaikan petunjuk penggunaan pada kemasan memang rentan dengan reaksi alergi. Adapun jenis alergi yang mungkin dirasakan pemakai antara lain:

  • Dermatitis Kontak

Kondisi yang paling umum adalah dermatitis kontak. Selain ditandai dengan munculnya kemerahan pada kulit, reaksi ini juga memiliki tanda dan gejala lainnya. Misalnya, penderita kemungkinan akan mengalami gatal-gatal dan bengkak pada bagian tertentu.

Adapun pembengkakan bisa mendera kelopak mata, kulit wajah, daerah batas rambut, daerah yang ditumbuhi janggut, atau daerah lain yang terkena cat rambut.

Mereka yang sensitif terhadap PPD mungkin tidak akan menunjukkan aneka gejala di atas hingga 10 hari setelah pemakaian. Senyawa ini sendiri bisa menyebabkan timbulnya gejala-gejala di atas selama 6 hingga 72 jam. Lama, bukan?

  •  Syok Anafilaktik

Alergi terhadap pewarna rambut juga bisa menyebabkan kondisi serius yang membahayakan jiwa. Syok anafilaktik adalah bentuk alergi paling serius. Beruntung, reaksi alergi yang membahayakan ini jarang terjadi.

Jika seseorang mengalami hal ini, mereka akan mengalami pembengkakan pada wajah. Gejala lainnya yang mungkin muncul adalah susah bernapas, turunnya tekanan darah, dan yang paling serius tentu saja kematian. Pertolongan segera sangat dibutuhkan bagi penderita reaksi alergi jenis ini.

Baca Juga: Iritasi Biasa atau Bukan? Ini Ciri-Ciri Alergi pada Kulit!

Kamu Didera Reaksi Alergi Cat Rambut? Coba Cara Alami Berikut!

alergi cat rambut OkayDoc

Alergi cat rambut bisa diatasi dengan bahan alami seperti madu - OkayDoc

Ada beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan jika mengalami reaksi alergi akibat cat rambut. Bahan alami yang berguna untuk hal tersebut antara lain:

Madu

Madu merupakan bahan alami yang sudah digunakan sebagai obat sejak ribuan tahun lalu. Kelebihan yang dimiliki madu adalah memiliki khasiat sebagai antiperadangan dan antibakteri. Hal ini berguna untuk meredakan iritasi dan pembengkakan yang menimpa kulit kepala.

Keunggulan madu itulah yang bisa membantu melawan infeksi kulit yang dapat memburuk jika tidak dilakukan pengobatan. Madu juga berguna untuk meredakan daerah yang mengalami iritasi atau gatal terutama di bagian kulit atau kulit kepala.

Agar lebih efektif, campurkan 1 sendok makan madu dan minyak zaitun. Oleskan campuran keduanya ke kulit kepala. Lakukan hal ini setiap hari hingga gejalanya mereda.

Minyak kelapa

Bahan alami lain yang bisa digunakan untuk meredakan reaksi alergi terhadap cat rambut ini adalah minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa untuk rambut yang sehat telah diketahui sejak lama. 

Kandungan antioksidan dan antibakteri di dalamnya dapat membantu tubuh melawan bakteri dan iritasi pada kulit. Minyak kelapa juga berperan penting dalam menjaga kulit tetap halus dan sehat.

Keunggulan lain yang dimiliki bahan ini adalah dapat membuat kulit kepala tetap lembap. Bahan ini juga membantu untuk menghilangkan rasa perih pada kulit kepala yang terasa gatal. Gunakan satu sendok makan minyak kelapa dan gosok perlahan pada kulit kepala. Lakukan setiap hari hingga gejalanya lenyap.

Lidah buaya

racikan masker lidah buaya pada rambut telah sering digunakan dengan variasi manfaat. Selain untuk memperoleh rambut sehat, ternyata lidah buaya juga bisa dijadikan pilihan untuk meredakan reaksi alergi akibat cat rambut.

Peradangan kulit kepala akibat alergi terhadap pewarna rambut bisa ditanggulangi karena bahan ini memiliki sifat antiperadangan dan antibakteri yang baik.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan lidah buaya untuk mengurangi gejala agar penderita tetap merasa nyaman meski mengalami iritasi. Hal ini tentunya bagus karena bisa membuat penderita beristirahat dengan baik. Untuk hasil terbaik, oleskan saja sesendok bahan ini di kulit kepala.

Diamkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan air hangat. Terapi ini bisa dilakukan hingga gejalanya menghilang.

Baca Juga: Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui

Jika reaksi alergi cat rambut tidak menghilang dengan pemakaian bahan alami di atas, segeralah memeriksakan diri ke dokter. Tidak ada yang lebih baik dilakukan jika mengalami kondisi ini selain mendapatkan perawatan dari ahli dan pengobatan yang tepat. 

Diverifikasi oleh dr. Graciela Audria
Komentar
Artikel Terkait
Gangguan Kesehatan
18 Aug 2018
Penyebab Alergi Kacang dan Kiat Mudah Mengatasinya
Annisa Trimirasti
Pengobatan
07 Jan 2018
5 Cara Menghilangkan Gatal Alergi yang Ampuh dan Tepat!
Maya Ligina
Rambut
07 Nov 2017
Rambut Hitam Berkilau dengan Cara Menghitamkan Rambut Alami
Vivi Hermin
Rambut
18 Jun 2018
5 Cara Meluruskan Rambut dengan Mudah, Bikin Makin Cantik!
Venny Firstyani
Pengobatan
06 Jan 2018
Tahan di Segala Kondisi dengan Cara Mengatasi Alergi Dingin
Maya Ligina
Rambut
12 Jan 2018
5 Cara Mengatasi Rambut Berminyak Demi Rambut Anti Lepek!
Maya Ligina
Memuat...
Konsultasi
Memuat...