Mengenal Penyebab dan 7 Ciri-ciri Kulit Sensitif!

Istilah kulit sensitif mengacu pada kondisi kulit yang mudah mengalami ruam, gatal serta terasa tersengat atau terbakar. Agar kondisi ini tidak terulang kembali, penting untuk mengetahui penyebab dan ciri-ciri kulit sensitif berikut.

Secara umum, kulit sensitif terjadi akibat menipis atau terganggunya fungsi lapisan teratas kulit. Kondisi ini membuat penyimpanan air berkurang serta mempermudah masuknya zat penyebab iritasi ke dalam kulit.

Ada beberapa kemungkinan mengapa kondisi tersebut dapat terjadi. Lebih jelas, inilah penyebab kulit sensitif.

Penyebab Kulit Sensitif

Kulit sensitif dapat diturunkan di mana beberapa contoh kondisinya adalah jerawat dan eksem - OkayDoc

Beberapa kondisi medis yang berhubungan dengan kulit sensitif seperti rosacea, eksem, jerawat dan psoriasis dapat diturunkan dalam keluarga. Selain itu, jenis produk perawatan kulit, kosmetik, lingkungan, hormon, air, dan gaya hidup juga bisa menjadi penyebabnya.

Cara terbaik untuk mengetahui apakah kulitmu termasuk kulit sensitif atau tidak adalah dengan berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter akan melihat keadaan kulit seperti jerawat, kulit kering, atau kulit memerah untuk mendiagnosis kondisi.

Kamu juga bisa melakukan pemeriksaan mandiri dengan mengecek apakah ciri-ciri kulit sensitif berikut ada padamu sebelum menemui dokter.

Apa Saja Ciri-ciri Kulit Sensitif?

Orang dengan kulit sensitif biasanya peka terhadap produk perawatan kulit - OkayDoc

Meski tidak selalu, beberapa tanda kulit sensitif berikut akan membantu menjawab kekhawatiran tentang keadaan kulitmu.

1. Peka Terhadap Cuaca

Orang dengan kulit sensitif biasanya bereaksi setelah terpapar cuaca panas seperti di bawah terik matahari. Kulit umumnya menjadi memerah dan beruntusan.

Cuaca dingin seperti terkena embusan angin yang kencang juga memberi efek pada pemilik kulit sensitif. Pasalnya, kulit akan menjadi kering dan gatal.

Konsultasi DokterBabe

"dok, kulit wajah saya cukup sensitif, jika terkena panas akan memerah dengan sendirinya dan membuat wajah gampang sekali kusam. gimana ya meringankan wajah sensitif?"

Jawaban Dokter

2. Peka Akan Produk Perawatan Kulit dan Kosmetik

Orang-orang berkulit sensitif memiliki lapisan pelindung kulit yang lebih tipis, sehingga parfum dan zat aktif pada kosmetik atau produk perawatan kulit dapat diserap lebih cepat, yang menimbulkan sensasi menyerupai disengat atau terasa panas.

Biasanya, iritasi pada kulit sensitif disebabkan oleh parfum atau zat pewangi pada produk yang digunakan. Orang dengan kulit sensitif disarankan untuk mengganti penggunaan produk perawatan dengan varian lain yang bebas parfum atau zat pewangi.

Beberapa kondisi kulit seperti rosacea dapat menjadi ciri-ciri kulit sensitif - OkayDoc

3. Kulit Wajah Mudah Memerah

Kulit wajah yang mudah memerah dapat merupakan gejala rosacea—salah satu kondisi akibat kulit sensitif. Rosacea bisa ditandai dengan bintik-bintik merah kecil yang cenderung berkumpul di sekitar dagu, hidung, juga pipi.

Rosacea bisa terjadi pada siapapun meski umumnya dialami oleh wanita usia menengah dengan kulit putih.

4. Iritasi Setelah Bercukur

Pemilik kulit sensitif biasanya mengalami iritasi kulit seperti ruam-ruam merah dan gatal setelah bercukur ataupun terkena krim untuk mencukur.

Pasalnya, mencukur rambut-rambut di wajah, kulit ataupun ketiak dapat menyebabkan luka-luka kecil pada kulit. Kondisi tersebut semakin memudahkan zat kimia terserap pada kulit.

Salah satu ciri-ciri kulit sensitif adalah mudah terkelupas - OkayDoc

5. Kulit Terasa Kering dan Gatal

Tidak berfungsinya lapisan pelindung pada pemilik kulit sensitif membuat kandungan air dalam kulit cepat berkurang. Kulit yang kering sering jadi penyebab rasa gatal.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Jerawat pada Kulit Sensitif! (Ampuh)

6. Kulit Mudah Mengelupas

Kulit sensitif juga lebih mudah mengelupas karena sulit mempertahankan dan mengatur kelembapannya.

7. Alergi

Meski tidak selalu, penderita alergi, misalnya alergi pada serbuk sari, lebih mungkin memiliki kulit sensitif.

Konsultasi DokterBabe

"Dok, tangan saya suka gatal-gatal setiap kali sedang bersih-bersih, gimana ya dok mengatasinya ?"

Jawaban Dokter

Cara Menjaga Kesehatan Kulit Sensitif

Rajin-rajinlah mengoleskan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit - OkayDoc

Kamu dapat tetap dapat hidup nyaman meski memiliki kulit sensitif dengan beberapa cara berikut.

Memilih Pembersih yang Tepat. Pemilik kulit sensitif disarankan untuk menggunakan sabun bebas pewangi dan deodoran karena dapat memicu reaksi iritasi. Produk dengan kandungan antibakteri, alkohol, ataupun asam alfa hidroksi sebaiknya dihindari.

Sering Mengoleskan Pelembap agar kelembapan kulit tetap terjaga sehingga kondisi kulit kering ataupun mengelupas dapat dihindari.

Lebih baik pilihlah produk kosmetik berbentuk bubuk karena lebih minim bahan pengawet - OkayDoc

Pilih Kosmetik bertekstur bubuk karena cenderung minim bahan pengawet. Selain itu, gunakan foundation (alas bedak) berbahan silikon agar meminimalkan iritasi kulit dan hindari pemakaian kosmetik tahan air karena perlu dihapus dengan pembersih khusus.

Bila kamu ingin menggunakan produk perawatan baru, oleskan terlebih dahulu dalam jumlah sedikit dan tunggu beberapa saat untuk melihat reaksi pada kulit.

Baca Juga: Anti Jerawat dengan Cara Merawat Kulit Sensitif Ini!

Sekarang kamu telah mengenal penyebab, ciri-ciri sekaligus cara menjaga kesehatan kulit sensitif. Jadi, bila reaksi kulit ini muncul di kemudian hari, tidak perlu panik ya!

Jika reaksi dinilai sangat mengganggu, sebaiknya segera menghubungi dokter. Ingat, penanganan sedini mungkin memberikan hasil terbaik!

Share:
Artikel Terbaru
Bantu Si Kecil Capai Berat Badan Ideal Anak dengan Cara Ini!
Rasa Sakit Melahirkan Bisa Diatasi secara Alami? Ini Jawabannya!
Kenali Penyebab Serta Cara Mengatasi Gatal pada Payudara
Begini Cara Mengatasi Bosan yang Menghampirimu!
Kenali Bahaya Minum Es Teh Manis untuk Kesehatanmu